24 Agt 2010

Mengusir Syndrom "Hilang Inspirasi"

     Sebagai seorang blogger kadang saya menemukan kendala dalam menulis "postingan" terbaru. ketika sudah berhadapan dengan monitor dan jari tangan sudah menempel pada keyboard. inspirasi tak mau muncul-muncul, dan kadang bingung sendiri dalam mengawali kata pembuka yang akan dipilih. mungkin bukan saya saja yang mengalami kondisi seperti ini, banyak juga blogger lain yang terkena syndrom "hilang inspirasi". saya terus mencari jawaban dari rasa penasaran yang ada dipikiran. kenapa sih ini selalu terjadi? 

Happy Blogging
     Memang saya termasuk orang yang menulis kalau lagi ada mood untuk nulis. dan kalau mood itu tidak ada, ya....saya tidak akan nulis. sederhana kan alasan saya. dipikir-pikir, kalau begini-begini terus, perkembangan saya dalam dunia tulis-menulis tidak akan maju, malah bakal selalu jalan ditempat.
lalu bagaimana cara mengatasi syndrom "hilang inspirasi". setelah mencari kesana-kemari jawaban dari pertanyaan ini.
     Akhirnya saya menemukan jawaban dari dua sumber. pertama dari sebuah buku yang secara tak sengaja saya temukan tergeletak ditumpukan buku di "perpustakaan pribadi" saya. kata-katanya seperti" tulislah apa yang ada dipikiran anda, jangan memikirkan apa yang akan anda tulis" saat pertama saya membaca kata-kata itu, bingung juga mengartikan maksud tulisan tersebut. mungkin maksudnya kita jangan terlalu memaksakan diri untuk me mikirkan cerita atau apapun yang akan kita tulis. dan jangan berpikir tulisan kita bagus, atau tidak. tulislah rangkaian kata-kata yang sedang bermain-main dipikiran kita. 
     Sumber kedua saya dapatkan lewat proses mengingat-ingat kata-kata dari dari Pak Adi, sahabat Blogger saya, sekaligus orang yang memperkenalkan blog pertama kali pada saya. beliau memberikan masukan seperti ini "teruslah menulis saat kita berada didepan monitor komputer, tanpa harus pusing menentukkan kata-kata  yang akan dipilih, ini cara melatih kita dalam mendapatkan inspirasi, dan lama-lama kita akan mengenal gaya tulisan kita itu seperti apa."
     Akhirnya saya tersenyum puas.karena sekarang sudah menemukan jawaban yang membuat saya jadi semangat dalam menulis.





7 komentar:

  1. aku juga mau syndrom hilang inspirasi diusir dari diriku ini hahah

    BalasHapus
  2. komen pertama saya ni sob.. orang bogor ya? deket donk sya orang depok hhehe. kebetulan saya juga baru ngblog nih, saya setuju akan tips yang sobat tulis, bisa jadi masukkan ni buat saya :). pengalaman saya begini mas, nulis tetep nulis tapi terkadang semua ide itu terkubur di draft dan menumpik karena takut memposting, seiring waktu saya beranikan diri, bodo amat kata orang, kan kalo bisa sambil jalan kalo tulisan kita ada yg kurang tinggal di edit,, maaf ya komennya panjang soalnya saya berusaha banget untuk engga ninggalin komentar kentut,, heee.. maen2 ya ke sini

    BalasHapus
  3. @ Someone_bjm : thanks for your praising

    @darahbiroe : semoga inspirasi selalu datang setiap saat ya mas. salam blogger

    @teguh :iya mas saya orang bogor, btw terima kasih udah berbagi wawasan tentang "mendapatkan inspirasi" kalau saya pribadi, saya membiasakn diri untuk tidak menyimpan tulisan saya di-draft. biasanya kalau di simpen di draft jadi berat hati untuk mengedit kembali, karena inspirasi itu setiap datang selalu berbeda. jadi intinya tuangkan kata-kata yang ada, jangan takut untuk mempublikasikan, lambat laun mas teguh akan terbiasa, maaf terlalu panjang komennya. saya juga lagi belajar. :) Go blogger

    BalasHapus
  4. hihihihihi, bingung mau nulissss, tulis aja yang ada di fikiran, hal kecil dan yang paling deket, ntar kan jadi melebar :P

    BalasHapus
  5. @Nyuns :thanks ya udah memberikan komen......salam persahablogan.....caiyo

    BalasHapus
  6. (1) luangkan waktu untuk menulis bukan menulis di waktu luang; (2) yang penting nulis, bukan nulis yang penting-penting. dua resep itu mujarab untuk menyembuhkan syndrom hilang inspirasi. cobalah

    salam persahablogan

    BalasHapus

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan