22 Sep 2010

Masalah-masalah Adalah Fitrah Dari Allah


     Beberapa teman saya pernah bertanya seperti ini, "zico, kok kamu selalu terlihat ceria sih, seakan-akan nggak ada beban dalam hidup elo, apa sih rahasianya?" ketika mereka bertanya seperti itu, saya tersenyum dan menjawab "Ah biasa aja, saya juga pasti punya masalah / beban, namanya juga manusia." sebenarnya mereka nggak tahu apa yang terjadi dalam kehidupan saya. yang mereka lihat, saya selalu terlihat ceria, bahagia, dan juga lepas dari masalah-masalah dalam hidup ini. tapi sebenarnya anggapan itu salah. kadang saya merasa sepi, sendiri, dan kadang memikirkan apa yang terjadi dalam hidup ini. bahagiakah, atau sedihkah yang akan saya temui nanti? saya nggak tahu. tapi sebisa mungkin saya sembunyikan masalah yang saya hadapi. biar Allah saja tempat saya sharing (Curhat).
     Sebenarya saya termasuk orang punya karakter melankolis. karakter yang dimana selalu melibatkan perasaan dalam memandang hidup.misalnya ketika saya punya masalah  yang kecil, saya selalu memikirkan masalah itu. padahal hal itu bukanlah sesuatu yang penting. lalu saya bertanya dalam hati. gimana caranya saya bisa keluar dari masalah ini? (bersikap terlalu melankolis) dalam menyikapi suatu masalah. dan karena Allah mempunyai sifat Maha Mengatahui, ketika hambanya berdo'a (meminta). Dia memberikan jawaban lewat seorang sahabat-yang menurut saya orang tersebut punya sikap bijak dalam memandang hidup. sahabat saya itu pernah berkata, "Allah menyukai seseorang yang ketika di uji dia sabar." dia menambahkan "sebenarnya ketika kita di uji, itu tandanya dia sayang dan akan menurunkan Rahmat-Nya buat kita." sungguh kata-kata yang mempu menggetarkan hati ketika saya mendengarnya saat itu.
     Ketika kita punya masalah, terimalah hal itu secara wajar. dan jangan jadikan hal itu sebagai beban, karena fitrahnya manusia, adalah Makhluk Allah yang tak pernah lepas dari ujian-Nya. mulai sekarang niatkan dalam hati untuk jadi pribadi yang tegar dan terlihat ceria. ada banyak cara untuk melatih kita jadi orang yang sabar, tegar. diantaranya kita baca buku-buku tentang motivasi. menonton acara yang mencerahkan hati, seperti tayangan-tayangan motivasi  yang ada di televisi. dan yang utama adalah meningkatkan keimanan kita pada Allah. karena ketika kita dekat pada-Nya. Dia selalu memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi.

Let's make our life be happy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan