15 Jan 2011

Aku Bahagia Ketika Menulis (Posting)

There's Happiness In Writing
     Sobat apa kalian pernah mengalami 'hilang ide' ketika sedang menulis?. padahal tulisan yang sedang di tulis itu sudah setengah jadi. mungkin saat mengalami itu, dahi kalian jadi mengkerut, bingung memikirkan kata-kata yang ingin di keluarkan. hampir semua blogger (*penulis) pernah mengalami hal itu. penulis yang sudah berpengalaman pun masih saja mengalami hal itu, ketika sedang asyik-asyik'nya menulis. istilah 'hilang ide' lebih dikenal dengan sebutan writer's block. kondisi  ini adalah hal yang alami,dan biasa terjadi. pada awal-awal nge'blog saya sering mengalami itu pada saat posting. jemari tangan saya terasa kaku untuk di gerakkan di atas tuts keyboard. padahal keinginan untuk mem' posting  sangat menggebu-gebu. 
     lewat pengalaman itu, akhirnya saya mencari tahu jalan keluarnya. saya mencoba mencari rasa penasaran itu dengan  googling, mencari tips-tips tentang menulis di internet. selain itu, saya selalu banyak bertanya pada kawan-kawan blogger yang sudah lama berteman dengan dunia tulis-menulis. ada banyak masukan yang saya dapatkan dari mereka. ada yang bilang "jangan pikirkan bagus atau tidaknya tulisanmu, teruslah menulis.", "menulislah dengan perasaan senang, layaknya anak kecil yang bermain dengan teman-temannya dengan ceria." "kalau mau lancar dalam posting di blog, rajin-rajinlah meng-update posing'an mu."  hampir semua masukan dari kawan-kawan  itu bagus semua. dan dalam buku yang saya baca ada kata-kata, yang sampai saat ini saya simpan dalam memori alam bawah sadar saya "tulislah apa yang ada dalam pikiran anda, jangan memikirkan apa yang akan anda tulis." semoga  sobat semua bisa memahami makna yang ada di balik kalimat 'sugesti' itu.

     Ternyata memang benar, dalam menulis kita jangan memikirkan bagus atau tidaknya tulisan kita. kalau kita masih berfokus pada hal itu. secara tidak langsung, dan tanpa disadari itu membatasi kemampuan kita. ketika saya akan menulis, dan posisi tepat berhadapan dengan monitor *kompi (komputer). lalu jemari tangan memegang tuts keyboard, siap-siap untuk merangkai kata demi kata. biasanya saya tidak langsung menulis. yang saya lakukan pertama kali adalah melakukan sugesti pada otak saya. saya membayangkan dalam pikiran alam bawah sadar saya "menulis adalah sesuatu yang menyenangkan, betapa bahagianya bisa menulis." selain itu saya membayangkan seperti seorang anak kecil dengan wajah ceria, bermain menikmati kebebasan. dan imajinasi itu saya hubungkan dengan proses menulis. hasilnya, kata demi kata mengalir lancar, hingga menghasilkan  kalimat, paragraf, dan tulisan utuh.   oke sobat, itu dulu pengetahuan yang bisa saya bagikan. semoga bermanfaat. ada kata-kata yang mungkin bermanfaat bagi kita, kata-katanya yaitu "ketika menulis aku seakan mendapatkan apa yang kadang tak kuduga sebelumnya. aku mampu menciptakan apa yang tak pernah terlintas dalam benakku, kadang ketika menulis pula aku merasa aku menjadi sesuatu yang luar biasa. entah kekuatan apa, namun menulis bagiku adalah kebahagiaan"

7 komentar:

  1. Semangat ngeblog!!!! :D

    Betul mas, ketika nulis mending ngalir aja. Bagus atau jelek mah relatif. Biar orang lain yg menilai. seperti sebuah pisau. Jika diasah terus menerus, pasti akan tajam... hehehe... Semangat!!! :)

    BalasHapus
  2. makasih kang ilmunya, pengen bgt bisa nulis kayak teman-teman Bloof, semoga iri yang bermanfaat..
    *semangat!!!

    BalasHapus
  3. pernah mencoba menghilangkan kejenuhan dengan menulis beberapa tulisan sekaligus......? cara ini efektif untuk menghilangkan kejenuhan, dan membuat kita akan terus menulis....

    BalasHapus
  4. Thanks ilmu nya

    www,iqbalx8x.wordpress.com

    BalasHapus
  5. @ Kang M.Ridwan : thanks,, :) semoga tulisan ini bis memberikan inspirasi.

    BalasHapus
  6. @ Kang Iqbal : You're welcome, friend. salam kenal.. :)

    BalasHapus
  7. ╔═════════════════════════╗
    ...║ HADIR MERAMAIKAN STATUS ANDA... ║
    ╚═════════════════════════╝

    BalasHapus

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan