14 Jan 2011

Flashback In Blogging (Thanks to Bloofers)

I Love It
     Sobat, masih ingatkah kalian ketika pertama kali bikin blog?. apa yang kalian rasakan saat itu?. saya yakin  tentu sobat semua merasakan senang dan bangga. karena telah memiliki blog, yang menjadi media untuk mencurahkan isi hati dan mengungkapkan sebuah ide/gagasan dalam bentuk tulisan. ada banyak pilihan domain blog gratis, seperti blogspot, wordpress, multiply. dan penyedia domain blog gratis lokal, seperti dagdigdug dan blogdetik. mungkin, karena memang sudah 'takdir alam' saya jatuh cinta pada blogspot. walaupun kita telah punya blog saat itu. kita masih bingung dengan tampilan yang ada dalam blog itu sendiri. seperti, bagaimana caranya merubah tampilan blog agar sesuai dengan selera 'pandangan mata' kita. hal itu pernah juga saya alami di awal-awal punya blog. lalu saya mulai mengeluarkan banyak pertanyaan seputar per'blog-an, pada salah satu sahabat  yang sudah paham dengan dunia ini. dan sahabat itu adalah Pa, Adi Purwanto (WKF). beliaulah yang mengenalkan blog pertama kali, juga memandu saya dalam menulis/mem-posting di blog dengan memberikan tips-tips menulis dengan baik dan enak di baca. saya masih ingat pesan beliau dalam nge-blog. beliau berkata "fokuskan dulu pada postingan,

jangan fokus pada tampilan blog." pesan dari beliau benar-benar mujarab. bisa saya bayangkan, apa jadinya tampilan blog yang bagus, tapi kualitas tulisan tidak mengerti oleh orang lain (*pembaca). selain belajar tentang blog dari Pa Adi, sahabat saya itu. saya belajar lewat buku yang membahas tentang blog.

     Setelah membiasakan posting, saya mengalihkan fokus untuk merubah tampilan blog agar terlihat menarik. karena ada istilah "tampilan, ataupun bungkus yang menarik bisa menarik perhatian orang yang melihatnya" dan setelah itu orang akan melihat isi dalam bungkus itu. saya mulai belajar 'ngutak-ngutak' lay-out/tampilan blog. dengan menambahkan gadget pendukung lainnya. hal ini saya lakukan agar membuat sahabat blogger dan pembaca yang lain merasa betah ketika berkunjung ke 'rumah kedua' saya.
     Alahmdulillah, lewat aktivitas nge'blog ini. saya bisa mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah. bagi saya mereka adalah kawan yang sangat berarti. rata-rata saya mengenal mereka lewat dunia maya.  ketika blogwalking, mengunjungi blog mereka. walau saya kenal dengan mereka tanpa bertatap mata, tapi saya merasa akrab dengan mereka. mereka selalu memberikan semangat, dan juga membagikan ilmu yang mereka miliki di bidang tulis menulis (nge'blog).
     lewat postingan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih pada kawan-kawan saya. yang ada di komunitas Bloofers, mereka, selalu memberikan semangat, dan juga inspirasi dalam menulis. lewat komunitas inilah saya bisa menjalin silaturahmi dengan blogger lainnya, dengan nuansa kekeluargaan. semoga jalinan tali silaturahmi yang kita bangun ini akan tetap erat kuat terjalin. anyway thanks a lot my friends in giving me much inspiration, i love you all.

11 komentar:

  1. senang bersohiblogan dengan mu kang ,.. :D

    BalasHapus
  2. jadi teringat pertama mengenal istilah blog.. dan saat itu langsung mencobanya.. dan.. dan.. dan.. panjang deh ceritanya.

    Keep Spirit! Happiness Blogging.. :)

    BalasHapus
  3. jadi ingat dulu zaman jadul gan.. masih ingat pertama menulis.. :D

    BalasHapus
  4. @ Kang Auraman : Sama kang, saya juga.....

    @ Kang Aan :saya tunggu lho, cerita pengalaman kang Aan, ketika pertama kali kenal blog :)

    @ Chapunx23b : postingan akang keren-keren, banyak puisi yang mengandung hikmah dan makna...

    BalasHapus
  5. anak baru di dunia blog..
    baru aktif ngeposting...(2 th blog nganggur)
    hehehehhe
    tolong di bantu ya kak,belajar menulis dr kaka2 sekalian..
    salam persahablogan...

    BalasHapus
  6. Jadi inget pas awal2 bikin account blog...
    Tetap semangat ngeblog!!! :D

    BalasHapus
  7. @ Narnee : okey.. kita sama-sama berbagi ilmu tentang per'blog-an. salam persahablogan.

    @ Teh Ika : pasti, pas inget awal-awal punya blog. tampilannya gak seperti yang teh ika punya sekarang... :)sekarang mah tampilan blog teh ika.. kerenzzz :D

    BalasHapus
  8. blog memang ajaib! dari blog, saya dapat sahabat2 yang sampai kini sangat akrab dan sering jalan2 bareng... :)

    BalasHapus
  9. sama kayak pengalaman aku dulu, seneng rasanya bisa bikin blog, apa lagi bisa ngubah ngubah tampilannya,bisa posting dan ngomong sesukanya. di blog aku aku bisa bilang apa saja dan mendelete komentar komentar yang gak aku suka. berasa bebas bener bener.....

    terima kasih atas sharngnya gan, lanjutakan cita citamu..... (nyambung gak ya.... :O)

    BalasHapus
  10. @ Kang Zulham : saya juga kan,,,, :) toss dulu ah.. :D

    BalasHapus
  11. @ Kang M.Ridwan : dulu awal-awal nge'blog saya seperti orang yang baru beli handphone. tapi nggak tau cara ngegunain fiture2 lainnya..hehe :)

    BalasHapus

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan