16 Feb 2013

Bad News is Good News (Bisa Benar, Bisa Bohong)

     Ada pepatah dalam dunia jurnalistik yang masih saya ingat dengan jelas. kata kata kurang lebih seperti ini "bad news is a good news" kalau diinterpretasikan artinya, berita buruk adalah berita bagus. kalau dipikir secara dalam ada benarnya juga. biasanya kebanyakan orang yang membaca berita, atau menonton acara berita di televisi. tertarik mengamati berita negatif (kontroversi). terlepas dari benar, atau tidak berita itu sendiri. beberapa minggu yang lalu artis indonesia yang tentunya sudah terkenal, yaitu Raffi Ahmad tiap hari mengisi kolom-kolom berita di media cetak. dan hilir-mudik di acara infotainment. dia diciduk oleh BNN, dan diduga sebagai pengguna narkoba. namun sampai sekarang dia belum dinyatakan bersalah. hanya baru diduga saja. lalu beralih ke berita lain. Presiden PKS, bapak Lutfi Hasan Ishak, dinyatakan oleh KPK sebagai tersangka dalam kasus suap daging import. dan lagi-lagi, kita belum bisa memutuskan apakah dia bersalah atau tidak
     Lalu siapa yang berperan besar, dalam menggiring opini publik dalam dua kasus tersebut. media lah yang berperan besar dalam menumbuhkan asumsi-asumsi dari berita tersebut. saya pun sampai puasa membaca berita lewat portal berita di internet. karena yang diberitakan sepenuhnya adalah hal yang negatifnya. baik kasus yang dialami oleh Raffi Ahmad, maupun yang dihadapi oleh Presiden PKS. bisa saja kenyataan sebenarnya, mereka berdua adalah tokoh yang 'bersih' dari pemberitaan negatif oleh berbagai media.
     Berita yang sebenarnya biasa saja, agar bisa menarik orang lain untuk membaca/melihat. media tinggal mem blow-up berita tersebut. bisa dengan cara menambah  berita tambahan yang bohong adanya tanpa mencari sumbernya terlebih dahulu. tapi saya secara pribadi, tinggal memukul rata, dengan kata lain menganggap semua media seperti itu. karena saya yakin dalam dunia jurnalistik, tayangan berita. ada yang namanya kode etik yang dipegang teguh oleh para pembuat berita.
     Sekali lagi, sobat semua lah yang bisa menentukkan. apakah sebuah berita memang valid. atau ada berita yang dibumbui dengan tambahan berita bohong.  dan sobat semua bisa memberikan pendapat yang berbeda-beda, dari tulisan yang saya tulis ini.

2 komentar:

  1. Gak semua yg lo denger itu bener, hehehhe..Jargon iklan itu memang bener adanya ya :)

    BalasHapus
  2. coba bayangkan seandainya qt di posisi sebagai korban. duh, sesak. artis sja yg biasa stripping, bisa mumet. apalagi klo qt dari kalangan awam.
    jngan lagi deh

    BalasHapus

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan