20 Sep 2010

Curhat Tentang Novel Favorit

     Hari Minggu kemarin, 19-Sep-'10, saya berkunjung ke salah satu toko buku yang ada di Bogor, yaitu Gramedia. biasanya kalau saya jalan-jalan, nggak jauh dari toko buku. saat itu saya berharap bisa menemukan buku yang bagus. syukur-syukur harganya murah terus kualitas tulisannya juga bagus. pasti langsung saya beli dweh, tanpa pikir panjang, hehe. di Gramedia,  saya puter-puter mencari buku yang kira-kira bagus. dan niat hari itu ingin mencari novel. karena sudah lama, saya nggak baca novel. setelah lihat kiri-kanan, pandangan saya tertuju pada rak buku yang menyimpan buku serial detektif. diantaranya ada cerita detektif Sherlock Holmes, Miss Marple, dan yang terakhir yaitu cerita detektif Hercule Poirot.

      ketika melihat Novel Serial Detektif Hercule Poirot tersebut. ingatan saya kembali pada tahun 2006. tahun dimana saya mengengal cerita ini pertama kalinya. waktu itu teman saya meminjamkan Novel-yang awalnya saya pikir biasa saja, pada saya. saat itu Novel yang dipinjamkan ada dua, yang satu judulnya "Saksi Bisu" dan yang kedua judulnya "Matinya Lord Edgware". kedua novel tersebut saya lahap semua (dibaca) hanya beberapa hari saja. di sinilah awal saya suka dengan tokoh detektif Hercule Poirot.
jujur, saya lebih suka novel yang bisa menambah wawasan dari pada novel cinta  yang bercerita "roman picisan"  dan menurut saya hanya novel yang bercerita tentang detektif-lah yang bisa mememberikan wawasan-yang tidak saya ketahui sebelumnya. gaya bahasa yang dituturkan dalam novel ini pun mengalir dan mampu membawa kita, seakan-akan terlibat masuk ke dalam cerita tersebut.
     Oia, pengarang dari Novel best seller ini adalah Agatha Cristy. seorang wanita yang sangat piawai membuat novel detektif yang berkelas. bagi saya, dia itu penulis cerita detektif yang luar biasa. dan bisa disejajarkan dengan penulis tokoh detektif Sherlock Holmes, yaitu sir arthur conan doyle
     saat itu pula, saya langsung memilih novel tantang cerita Hercule Poirot, judulnya "Mrs. McGinty sudah mati" novel ini menambah koleksi novel-novel  serial detektif sebelumnya.
Mungkin sobat semua, penasaran dengan novel yang saya ceritakan ini. seberapa menarikkah ceritanya? apa benar novel ini bisa membuat kita jadi orang yang "berwawasan"? jalan satu-satunya untuk membuktikannya yaitu dengan cara, ya langsung membaca ceritanya. bisa pinjam ke teman yang sudah punya novel karya Agatha Cristy tersebut. atau cara yang utama adalah dengan membeli langsung ke toko buku terdekat, Hehe :)

4 komentar:

  1. Salam kenal,Zico.
    Terimakasih utk kunjungannya ke blog bunda yg seadanya
    Sempga silaturhaim kita tetap terjaga dlm kebaikan ,amin.

    bunda kebetulan koleksi buku2nya Agatha Christie sejak masih SMP dulu, dgn detektif Belgia yg botak namun smart ini juga miss marple nya.
    Sekarang buku2 tsb juga jadi koleksi utk anak2 bunda , dan sudah habis dibaca.
    salam

    BalasHapus
  2. @Bunda : makasih bunda untuk ngasih komen di blog zico. iya bunda zico suka banget dengan novel hercule poirot. menurut zico novel ini bisa bikan pinter dibandingkan novel cinta. tapi sebenarnya saya suka juga lho novel yang bercerita tentang cinta. hehe..
    tetep semangat dalam menulis bunda..
    salam silaturahmi

    BalasHapus
  3. wah keren nih inget dulu ada filmnya di rcti

    BalasHapus
  4. saya belom pernah baca novel2nya Poirot nih. yang saya ikuti cuma Agatha Christy dan kadang2 baca Holmes hehe

    salam kenal :)

    BalasHapus

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan