7 Des 2010

'Manfaat Menulis'

Yuk, Kita Menulis!
     Banyak sekali manfaat menulis, namun hanya beberapa orang saja yang bisa merasakan manfaatnya. siapa orang tersebut? ya, tentunya orang yang membiasakan diri dalam kegiatan menulis. semoga postingan ini, bisa menambah wawasan baru, dan mampu memberikan kita semangat untuk tetap menulis
  1. Orang yang memiliki kebiasaan menulis memiliki kondisi mental yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. (Hasil penelitian yang diungkapkan oleh James Pennebaker, Ph.D. dalam Journal of Clinical Psychology)
  2. Menulis setiap hari dapat mengencangkan kulit wajah (Fatima Mernisi)
  3. Menulis dapat memecahkan problem-problem diri (Ahli linguistik, Dr. Stephen D. Krashen)
  4. Menulis dapat menghasilkan perubahan pada system imunitas dan hormonal dalam merespon beban stress, dan meningkatkan hubungan dan kemampuan kita menghadapi stres (M. Smyth, psikolog dari Syracuse University, Amerika Serikat)
     Sebagaimana dikutip dari Majalah Reader Digest Indonesia, April 2005, berikut adalah sejumlah keuntungan menulis:

  1. MENGURANGI BERAT BADAN. Para peneliti dari women’s Health Initiave menarik kesimpulan bahwa catatan harian tentang makanan yang dikonsumsi membantu menimbulkan kesadaran tentang kalori dan asupan lemak. Dan jika Anda mengetahui seberapa banyak yang telah dilahap, akan lebih mudah menguranginya.
  2. MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR. Ilmuwan di Temple University menemukan bahwa wanita yang menuliskan pengalaman traumatisnya-seperti pemerkosaan atau kecelakaan lalu lintas yang parah, ternyata jarang mengalami sakit kepala, susah tidur, dan gejala depresi dibandingkan mereka yang tidak mau menuliskannya.
  3. MELAWAN PENYAKIT. Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2002 di Ben-Gurion University, Israel, disimpulkan bahwa mereka yang menuliskan sebuah kejadian yang menjadi beban pikiran, akan mengurangi frekuensi kunjugan mereka ke klinik pengobatan selama 15 tahun ke depan.
  4. MENGURANGI STRESS. Sebuah studi di Chicago medical school menemukan bahwa ketika penderita kanker yang kurang diperhatikan keluarganya menuliskan tentang penyakit yang diderita selama 20 menit setiap hari, mereka jadi jarang mengalami stres selama enam bulan berikutnya.
     Postingan ini saya buat secara copy-paste, dan sebagian tulisan ada yang saya edit. sumbernya dari sini

3 komentar:

  1. oke bang, tetap semangat blogging, trims...

    BalasHapus
  2. Sip, makanya saya mencoba menuliskan apa yang pernah saya alami pada blog Auraman agar tidak lupa dan bisa dimanfaatkan orang lain :D, salam kenal... salam persohiblogan

    BalasHapus
  3. banyak juga ya manfaat menulis.tapi sebenarnya hobi menulis juga bisa mendatangkan rejeki lho mas.ya...kalo memang kita benar benar serius menekuni hoby menulis.untuk ide menulis tak terbatas, kita bisa ambil ide dari mana saja.yang penting selalu konsisten. tapi ngomong2 manfaat menulis banyak juga berkahnya.he he...ada yang suka menulis ga' ya. boleh dishare ke blog saya

    BalasHapus

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan