15 Feb 2011

Lestarikan Kembali Alam Kita

     Bumi seakan menangis, karena sudah banyak terjadi pencamaran disana-sini. baik itu pencemaran laut, udara, juga darat. pencermaran laut misalnya, tingkat  pencemaran laut di negara Indonesia masih tinggi. dan hal ini di sebabkan oleh limbah industri, seperti limbah deterjen atau pun aktivitas pertanian yang menggunakan bahan kimia dan dekat dengan aliran suangai, hingga akhirnya bermuara ke laut. sehingga kadar kualitas air laut jadi terganggu. secara tidak langsung, berpengaruh pada kualitas ikan. manusia, yang mengkonsumsi ikan dari laut tersebut, kesehatannya bisa terganggu.  lalu, pencemaran udara. pencemaran ini disebabkan oleh polusi industri (pabrik), kendaraan bermotor. hal ini berdampak pada pada penipisan ozon, pemanasan global, juga berpengaruh pada penurunan kesehatan. beberapa masalah kesehatan yang di sebabkan oleh pencemaran udara diantaranya penyakit jantung, paru-paru.  dan yang lebih ekstrim lagi berpengaruh pada penurunan tingkat IQ pada anak-anak. pohon-pohon, yang seharusnya menjadi penolong dalam mengurangi polusi udara itu sendiri, banyak yang di tebang. selanjutnya yang terkahir  yaitu pencemaran darat. sebagian besar dari kita sudah paham betul apa  yang menyebabkan darat jadi tercemar kelesatariannya. jawabannya, yaitu sampah. namun kita tak bisa membebankan kesalahan itu pada sampah. sampah hanya benda yang tak mampu bicara. dan yang harus bertanggung jawab disini adalah kita, manusia. karena mungkin membuang sampah secara sembarangan. 
     Mengapa berbagai pencemaran, baik di darat, laut dan udara selalu saja terjadi? apa karena sebagian dari kita sudah tak mau peduli lagi dengan kelestarian alam, hingga bersikap masa bodoh. sekarang ini banyak sekali kita temui kampanye. baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk aksi nyata tentang pelestarian alam atau bumi. di antara kampanye tersebut ada gerakan save our earth, stop global warminggo green. saya yakin ide awal gerakan itu muncul karena niat tulus dari orang-orang yang ada di dalamnya. bisa dikatakan gerakan ini adalah gerakan sosial. tujuannya untuk memberikan pengertian kepada orang banyak, bahwa bumi tempat kita berpijak sekarang sudah mengalami sedikit kerusakan. dan kerusakan itu sendiri bukan terjadi dengan sendirinya. tapi karena ulah tangan manusia. karena dalam kitab suci Al Qur'an, Allah telah menjelaskan "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (Ar-Ruum: 41).  ketika terjadi ketidak seimbangan pada alam, alam pun akan marah. misalnya banyak pohon ,di hutan di tebang secara liar atau istilah lain di sebut dengan illegal logging. hal ini akan  menyebabakan kerugian (bencana), diantaranya longsor dan juga banjir. jadi yang rugi siapa? tentunya bukan hanya kita saja, sebagai manusia, tapi makhluk hidup yag lain seperti hewan dan tumbuhan. padahal fungsi hutan sangat penting untuk menghasilkan oksigen, menyerap karbondioksida, mencegah erosi, dan sebagai kawasan lindung. 
      lalu adakah upaya sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat bumi ini tersenyum kembali? dengan pasti saya jawab bisa. tindakan sederhananya, mulai dari kita sendiri dan mulai dari hal yang kecil. saya istilahkan sebagai aksi go green. tindakan postif itu diantaranya, tidak membuang sampah sembarangan, menghemat pemakaian listrik, menghemat air, menggunakan produk yang ramah lingkungan, meminimalisir pemakaian mesin. dan di sekitar rumah kita, minimal menanam satu pohon untuk tiap orang. hal ini berguna untuk menciptakan lingkungan rumah yang sehat, juga untuk menekan pengaruh polusi udara. yang utama kita harus punya niat tulus dalam melakukan aksi tersebut. dan itu merupakan wujud ibadah kita pada Tuhan. karena kita bisa memberikan hal yang berarti bagi orang lain juga. saya sangat bersyukur, karena pemerintah begitu aware dan peduli dalam menjaga kelestarian alam. diantara program yang sudah di galakkan oleh pemerintah adalah gerakan menanam sejuta pohon. dan presiden kita, yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, turun langsung dalam melakukan gerakan menanam sejuta pohon tersebut. hal ini sangat berpengaruh dalam memberikan contoh pada masyarakat agar  melakukan hal  yang sama. hingga kegiatan menanam menjadi budaya bangsa Indonesia. hingga akhirnya tradisi ini diteruskan oleh para penerus yang akan datang. di tempat lain, di Jakarta ada salah satu komunitas yang menggagas terwujudnya udara bersih di perkotaan. nama komunitasnya adalah Bike-to-Work-Community , rata-rata para anggotanya adalah para pekerja. mereka tidak menggunakan kendaraan  untuk menjangkau tempat kerjanya. tapi menggunakan sepeda.  semoga ada komunitas-komunitas lain yang mengikuti jejak mereka dalam memberikan peran postif bagi 'penghijauan bumi'.
     Manusia pada umumnya punya sifat pelupa. jadi kampanye tentang gerakan Save Our EarthStop Global WarmingGo Green. harus di lakukan terus-menerus hingga menjadi mindset dan karakter kuat budaya bangsa. ada istilah "tindakan lebih keras, dari perkataan" jadi, apalah arti sebuah pesann jika setelah kita mengetahuinya. kita hanya diam saja, dan hanya menjadi ilmu teori saja. semoga kita bisa menjadi sahabat terbaik bagi alam. 

Lestarikan Kembali Alam Kita
     

6 komentar:

  1. akhirnya ajdi juga, ya......sukses buat lombanya kang

    BalasHapus
  2. sukses ya zic, smoga sukses bikin kita smua tuk lebih mencintai alam dan sukes jg menang lombanya... pengen ikutan tp lom ada ide...

    BalasHapus
  3. mari kita mulai dengan daerah sekitar kita, apakah kita sudah menjaga kebersihan sampah kita,. apakah yakin kita juga tidak ikut terlibat dalam global warning tersebut, lakukan dan perhatikan dari hal yang terkecil,. semoga menang ya kang.

    BalasHapus
  4. mari kita menyetrika dengan mensetting derajat panasnya sesuai dengan jenis kain yang mau di setrika...

    salam kenal ^^

    BalasHapus
  5. @ kang Fadhli : thanks, akhirnya selesai juga postingan 'karya ilmiah' itu, setelah melewati masa stuck beberapa jama.

    @ Bunda Azka : thanks bunda, moga bunda juga menang lombanya. yang terpenting kita bisa memberikan konribusi pada orang lain. lewat tulisan kita, tentang linkungan hidup.

    @ Kang Aul : thanks kang, semoga masyarakat kita punya hobi akut yang baru, yaitu menjaga kelestarian alam dan juga penghijauan bumi.

    @ Kang Abduloh : salam kenal juga. btw aku belum nangkep makna " menyetrika dengan mensetting derajat panasnya sesuai dengan jenis kain yang maun di setrika" nanti kasih tau saya ya kang, maknanya :)

    BalasHapus
  6. Terima kasih mas atas pemberitahuannya dan ilmunya, semoga kita sama-sama dapat menjaga lingkungan kita dengan baik.
    Sekses selalu buat kita semuanya.

    BalasHapus

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan