16 Sep 2010

Mengapa Kita Harus Pelit?

Sedekah  Yuk :)
     Tiba-tiba saya terdiam sesaat, ketika membaca terjemahan Surat Ali Imran ayat 180. terjemahannya seperti ini "Sekali-kali janganlah orang" yang kikir dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kekikiran itu baik bagi mereka. Sebenarnya kekikiran itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan" saat itu saya tak beranjak, membaca ayat berikutnya. saya mencoba memahami, dan juga merenungi ayat ini secara dalam.
     Allah seakan mengingatkan manusia untuk tidak menjadi kikir. apa lagi kalau kita diberi amanat kelebihan harta oleh-Nya, tetapi kita masih kikir. sungguh keterlaluan dan hal ini bisa mendatangkan murka Allah. dan kita telah menghianati kepercayaan yang telah diberikan oleh-Nya. berapa banyak orang yang berkecukupan harta, merasa bangga dan  mengatakan bahwa harta yang di dapatkannya adalah hasil jerih payahnya sendiri. sehingga mereka merasa berat untuk mendermakan sebagian hartanya bagi kaum dhuafa (orang yang tidak mampu). ada orang yang bilang seperti ini "saya akan memberikan sesuatu pada orang lain, jika rasa ikhlas sudah ada dihati, kalau rasa ikhlas itu tidak ada, saya tak akan melakukannya" ini adalah ungkapan yang di ucapkan oleh "orang" yang Allah sebutkan dalam surat Ali Imran ayat 180, yaitu orang yang kikir

     Sejujurnya rasa ikhlas itu datang tidak dengan sendirinya tapi dibentuk dengan latihan yang terus-menerus. lalu hal apa yang dapat membuat kita lepas dari sikap kikir? jawabannya adalah mempertebal keimanan kita pada Allah, dan memikirkan hakikat bahwa segala apa yang kita miliki sebenarnya hanya titipan dari Allah.dan akan dimintai pertanggung jawaban dihari nanti. kalau kita meninggal, apa kita akan membawa semua harta yang kita miliki? tentu saja tidak.
     Ada banyak tokoh orang dermawan yang bisa kita contoh. diataranya adalah Nabi Muhammad SAW, Usman bin Affan, Abu Bakkar Siddiq, Abdurahman bin Auf. sobat semua bisa googling tentang kedermawanan mereka di internet. dan dari kalangan non muslim, kita bisa  mencontoh kedermawanan Bill Gates dalam mendermakan hartanya. menurut sumber yang saya baca di internet. Bill Gates menyisihkan 1/4 penghasilannya lewat yayasan sosialnya, yaitu (Bill and Melinda Gates Foundation). ayo mulai sekarang kita bangun sikap dermawan dan kita buang jauh-jauh sikap pelit. dunia adalah tempat kita memupuk amal. jika kita mempunyai kelebihan harta, berbagilah dengan orang yang membutuhkan. Insya Allah hidup kita jadi bermanfaat.


Thanks Allah, for the inspiration that You have given to me.
i was so grateful for it.

1 komentar:

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan