30 Sep 2010

Perbedaan Itu Fitrah Dari Allah

     Salah satu dari teman saya pernah berkata begini "Aku nggak suka gaya temanku. orangnya kadang nyebelin, pokoknya kalau dia bersikap seperti itu aku nggak suka aja" sejenak saya berpikir, kata-kata itu bisa diartikan bahwa dia menginginkan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam pikirannya. dan kalau berbeda, mungkin saja dia tidak suka. padahal dalam hidup, perbedaan itu adalah hal yang alami dan tak bisa dihindari. dan setiap karakter manusia itu berbeda. walaupun diantara manusia ada yang punya karakter yang sama, tetapi tidak sampai sepenuhnya. karena manusia itu adalah makhluk Tuhan yang punya sifat khas. Sebenarnya, kalau kitabicara jujur, dalam kehidupan ini, pastinya kita mengharapkan sesuatu sesuai dengan keinginan kita. betul kan? misalnya punya teman yang baik dan pengertian, punya suami/istri yang baik, pokoknya semuanya sama persis dengan keinginan kita. 


      Ketika kita punya teman yang baik dan pengertian, tentunya kita harus bersyukur, karena kita bisa belajar bagaimana jadi orang yang baik seperti dia. Dan ketika punya teman yang menyebalkan (sikapnya) tentunya kita pun harus bersyukur juga, kenapa? karena kita bisa belajar tentang sikap jelek yang perlu dihindari. jika kita selalu mengedepankan Positive Thinking, dalam memandang perbedaan. Hal itu akan membuat kita menjadi orang yang bijak. Perbedaan itu tidak hanya mengarah pada karakter emosi dan pola pikir. tapi menyangkut juga pada perbedaan fisik, budaya, Suku, bangsa, dan juga Agama.
       Ketika kita berbicara perbedaan secara global (luas). kita akan menemui suku, ras, bangsa, dan agama yang berbeda-beda. Dalam agama Islam, Tuhan telah menurunkan ayat, bahwa perbedaan itu fitrah yang sudah ditentukan oleh-Nya. Di dalam Surat Al Hujuraat ayat 13, Allah berfirman "Wahai manusia, sesungguhnya Kami ciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" betapa Allah telah mengajarkan kita tentang arti perbedaan. Karena sesungguhnya Dia mengetahui hal yang tidak kita ketahui. Ayat diatas mengajarkan kita untuk menghargai perbedaan yang ada tanpa pilih-pilih. Adat istiadat setiap negara pun, antara satu dengan negara lain tentunya berbeda. Hal itulah yang membuat dunia ini penuh warna. Dengan cara Itu Tuhan membuat kita agar mengenal satu sama lain. jika sama semunya, itu akan terlihat monoton. Semoga kita mampu memandang perbedaan, dari sisi yang lain secara dewasa. dan  mampu merespon secara proaktif. karena hakikatnya, walaupun kita berbeda tetapi kita adalah satu-kesatuan sebagai makhluk Tuhan.
     Dengan adanya saling menghargai dan juga saling menghormati perbedaan yang ada. Kehidupan ini akan berjalan dengan damai, dan tumbuh rasa sayang di antara sesama manusia. Mari kita sambut segala perbedaan dengan tangan terbuka dan sikap yang ramah. Karena Perbedaan Itu Fitrah Dari Allah.


Bogor, 30 September 2010~Pesta Blogger Writing Contest 2010

5 komentar:

  1. perbedaan kadang membuat kita pecah,,,, tapi dengan ada'y perbedaan memberi kita warna... bayangkan bila smua manusia di dunia ini sama, kebiasaan , watak, wajah n prilaku....?
    pasti gak banget kan!


    kita patut bersyukur dengan perbedaan...
    hidup berwarna n berpariasi.......

    BalasHapus
  2. orang selalu berubah. perubahan itu adalah satu hal yang selalu tetap di dunia. dan selama ada perubahan, selama itu akan ada perbedaan :) makasih ya udah mampir di blog aku, sukses juga buat Anda :)

    BalasHapus
  3. justru harus beda memang. nggak ada indah2nya bila tidak ada perbedaan. pelangi jadi menakjubkan karena banyak warna, right?

    BalasHapus
  4. perbedaan bila d pandang scara positive akn mnjadi indah cnth'y seorang kkasih yg tdk sling mngnal 1 sma lain yg sling brbda krakter mnjadi indah krna tumbuhnya rasa cinta :)

    BalasHapus
  5. perbedaan selalu indah jika di lihat dengan pikiran positif dan hati bahagia

    BalasHapus

Setiap komentar yang disampaikan. adalah bentuk apresiasi yang sangat berarti bagi saya dari penikmat serba-serbi cerita di blog ini. salam blogger dan salam persahablogan